Kamis, 27 Juni 2013

Juni 27, 2013 Posted by Dayat Java No comments
Posted by Dayat Java on Juni 27, 2013 with No comments
Sabayon Linux atau Sabayon (sebelumnya bernama RR4 Linux dan R64 Linux) adalah distribusi Linux berbasis Gentoo yang dibuat oleh Fabio Erculiani dan Tim Pengembang Sabayon. Sabayon memiliki filosofi "Out of the box" dengan menyertakan berbagai jenis aplikasi yang sudah dikonfigurasi dan siap pakai untuk para pengguna sehingga bisa siap untuk digunakan. Nama Sabayon diambil dari salah satu hidangan Italia, Zabaione.

Sabayon 5.4 logo.svg

Sabayon-7.png

Sabayon didesain dengan antarmuka yang mudah, sistem deteksi perangkat keras yang baik dan koleksi perangkat lunak mutakhir terpasang secara bawaan; dengan berbagai tambahan yang bisa dipasang melalui gudang perangkat lunak yang tersedia. Sabayon tersedia baik untuk arsitektur komputer x86 (32-bit) dan AMD64 (64-bit). Terdapat versi SpinBase yang datang tanpa antarmuka grafis X server, dengan sistem yang ringan dan cepat serta cocok untuk di-kustomisasi.
Sabayon menggunakan komponen inti seperti apa yang digunakan distribusi Gentoo Linux, termasuk OpenRC dan baselayout2. Semua konfigurasi khas Gentoo, seperti etc-update dan eselect bisa digunakan dengan baik pada distribusi ini. Sabayon menyertakan alat untuk melakukan konfigurasi secara otomatis terhadap berbagai komponen sistem seperti OpenGL. Sabayon juga menyertakan perangkat lunak penggerak (driver) untuk kartu grafis nVIDIA dan ATI.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar