Selasa, 25 Juni 2013

Juni 25, 2013 Posted by Dayat Java No comments
Posted by Dayat Java on Juni 25, 2013 with No comments

1. BlankOn

BlanOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.


Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.
Linux BlankOn merupakan bagian dari gerakan Proyek BlankOn yang memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Gerakan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka.
Rilis BlankOn versi terakhir saat ini adalah BlankOn 8.0 Rote.




Saat ini, BlankOn mungkin salah satu linux yang paling konsisten. Tahun depan (sekitar Agustus 2013). Saya sendiri sudah pernah mencoba OS ini, dan terbukti sangat ringan stabil. Untuk Blankon Linux 8.0 (Rote) saya tidak menggunakan lagi, karena ada masalah di booting yang sering error. Overall Blankon Linux ini sudah sangat bagus dan sudah sering masuk 100 besar Linux Dunia.


2. IGN (IGOS Nusantara)

IGOS Nusantara (IGN) adalah distro open source yang dikembangkan sejak tahun 2006 sampai saat ini. IGN dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI dan dibantu oleh pengembang/kontributor dari komunitas open source di Indonesia. Sejak awal kemunculan, beragam penilaian positif untuk IGN telah diberikan oleh beragam media dan institusi. Penilaian ini membuat pengembang dan kontributor semakin terpacu untuk membuat IGN semakin baik.
Penilaian atau komentar positif untuk IGN sebagai “distro karya anak bangsa yang patut dibanggakan” diperoleh untuk IGOS Nusantara versi 8.0. Penilaian ini antara lain didasarkan pada:

1. Penggunaan kernel yang semakin tangguh dan handal
2. Distro yang mudah dan menarik untuk dipakai
3. Tampilan yang cantik
4. Dukungan boot untuk perangkat yang menggunakan UEFI
5. Integrasi beberapa aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari
6. Ada delapan desktop environment yang dapat dipilih/dipakai
7. Memiliki banyak aplikasi tambahan
Penilaian positif tersebut diberikan oleh salah satu majalah komputer terkenal dan terbesar di Indonesia, yaitu Majalah InfoKomputer. Selain memberikan penilaian positif, Majalah InfoKomputer edisi November 2012 juga menyertakan ISO image IGN8 LiveDVD versi 32 bit. Tersedianya IGN8 dalam DVD InfoKomputer akan membantu (calon) pengguna IGOS Nusantara yang memiliki keterbatasan untuk mengunduh ISO image yang berukuran besar.

Informasi lebih banyak kunjungi http://ign.lipi.go.id
Screenshot IGN (IGOS Nusantara) :


3. Kuliax

Kuliax adalah salah satu distro linux buatan Indonesia yang dikhususkan untuk kebutuhan pendidikan, penelitian dan perkuliahan di perguruan tinggi. Saat ini Kuliax versi rilis terbaru adalah Kuliax 7.0. Kuliax 7.0 codename Lumpia ini dikembangkan dengan basis Debian dan tentu saja Kuliax sudah menyertakan aplikasi open source yang dibutuhkan di dunia pendidikan. Selain itu, Kuliax juga sudah mengincludekan aplikasi propietary (driver/firmware).

Kuliax Linux sangat cocok buat para sobat pelajar dan mahasiswa, karena OS yang satu ini sangat mendukung keperluan sobat buat bidang itu.

4. DewaLinux

Distro Linux buatan anak bangsa satu ini yang bikin saya bangga, hehe, kenapa? karena Linux ini asli dari daerah asal saya lho sob, yeah, it's from Jember City. Saya mengenal distro linux sewaktu masih SMA, dan DewaLinux ini terkenal sangat mudah digunakan atau user-friendly.

DewaLinux adalah distro turunan dari ubuntu yang di desain sangat mirip dengan Windows, bahkan untuk desktopnya saya jamin jauh lebih keren daripada Windows!. DewaLinux menggunakan basis Ubuntu 9.04 codename Jaunty Jackalope. Versi terakhir rilis DewaLinux bernama DewaLinux Papuma, didesain seperti Windows 7 dan aplikasi-aplikasi bawaannya yang sangat powerfull.

Sayangnya, saat ini Dewalinux lama nggak update dan kurang eksis di dunia Linux Indonesia. 

5. Target Linux

Inilah Backtracknya Indonesia sobat,. :D, target sama seperti konsep yang digunakan Backtrack, yaitu fungsinya dikhususkan untuk hacking. Sistem Operasi ini dijalankan dengan dua PC yang fungsinya beda. 1 PC sebagai client dan 1 lagi sebagai server. target dibuat dari turunan Slackware 11. dan menggunakan script dari linux-live.org, sama seperti backtrack.
Beberapa screenshot targeT Linux :



0 $type={blogger}:

Posting Komentar